Wisata Asik di Pantai Ngetun Wonosari

0
18
Psntsi Ngetun
Sumber: (Ig @aldianasution)

Pantai Ngetun berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya mempunyai nama asli Ngitun yang berasal dari bahasa daerah setempat yang berarti mengintip. Namun karena sudah menjadi kebiasaan warga setempat mengucapkannya menjadi Ngetun.

Pantai Ngetun merupakan pantai yang relatif kecil dan masih sangat alami. Oleh sebab itu, masih belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya dan seluk beluknya. Padahal pantai ini mempunyai daya tarik khusus bagi pengunjung dengan menyuguhkan banyak pemandangan indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun

Untuk masuk ke Pantai Ngetun tidak perlu membayar tiket masuk ataupun biaya retribusi atau gratis. Hal itu disebabkan pemerintah setempat belum melakukan pengelolaan secara maksimal untuk pantai ini sebagai destinasi wisata. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp 3.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.

Sekitar pantai ini sudah tersedia beberapa fasilitas untuk kebutuhan pengunjung seperti area parkir, toilet, warung, hingga musholla. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika berlama-lama di Pantai Ngetun karena akan tetap bisa makan di dekat pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngetun

Adapun rute yang bisa ditempuh menuju ke pantai Ngetun jika dimulai dari kota Yogyakarta adalah melewati Wonosari – jalan menuju Baron – Pertigaan Mulo – Tepus belok kiri atau ambil arah timur – Kecamatan Tepus – Pulang Sawal atau Indrayanti – Pok Tunggal – Pantai Seruni dan baru sampai ke Pantai Ngetun.

Untuk menuju Pantai Ngetun, orang sering menggunakan patokan SDN Gembuk. Jika dari pusat kota Yogyakarta rutenya melalui ringroad Jl Wonosari – Piyungan – Patuk atau Bukit Bintang – Sambipitu – Gading atau lapangan terbang kemudian menuju arah Wonosari – Siono – kota Wonosari – permpatan Baleharjo – Mijahan – Semanu – Pasar Minggu – Cuwelo – Giri Panggung – Ngawar-awar – pertigaan Balong ambil jalan kanan menuju Purwodadi – Ndakbong – Gesing – SDN Gembuk dan selalu ikuti jalan kecil beraspal – pantai Ngetun.

Daya Tarik Pantai Ngetun

Panorama pantai pasir putih dan debur ombak merdunya yang membuat siapa saja betah berada disini, Pantai Ngetun juga memiliki hal lain yang bisa dieksplor, antara lain :

  1. Cocok untuk Memancing

Di laut pantai ini banyak sekali biota laut yang mudah ditemui seperti ikan, lobster, hingga penyu. Oleh sebab itu sangat cocok untuk dijadikan tempat memancing termasuk bagi pengunjung. Banyak warga sekitar juga yang sering memancing lobster di sekitar pantai ini seperti dari atas bukit maupun di tepi pantai.

  1. Ada Banyak Penyu di Pantai Ngetun

Pantai ini ternyata merupakan tempat penyu mendarat dan bertelur. Hal itu dikarenakan pantai ini masih relatif sepi dan aman untuk aktifitas penyu. Pemandangan inilah yang jarang ditemui di pantai lainnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai ini.

Pengunjung juga akan banyak menemukan banyak binatang laut lainnya yang khas di Pantai ini seperti ubur-ubur, kalomang, dan sebagainya. Seolah di pantai ini terdapat aquarium alami yang menyuguhkan banyak pemandangan terkait binatang laut. Jadi, pengunjung bisa mengajak anak-anak untuk melihat bagaimana penyu bertelur dan semacamnya.

  1. Pemandangan Dua Bukit di samping Pantai Ngetun

Pantai Ngetun mempunyai pasir yang putih ditambah pula dengan pemandangan dua bukit yang mengapit pantai ini. Hal ini menjadikan pantai yang satu ini terlihat masih sangat alami dan menambah pesona keindahan pantai.

Kedua bukit di samping pantai tersebut sering digunakan warga sebagai tempat memancing lobster dan sebagainya. Mengingat banyak lobster yang suka bersembunyi di balik maupun sekitar batuan bukit. Selain itu bukit tersebut juga bisa menjadi background swafoto para pengunjung maupun objek foto itu sendiri.

  1. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Ketika menjelang malam pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang membuat langit di atas lautan terlihat kekuningan dan jingga. Sementara itu, pada pagi hari matahari muncul dan terlihat dari pantai dengan jelas dan menambah keindahan pantai, dimana pasir pantai tampak lebih putih karena terpancar sinar matahari.Hal itu pastinya bisa menjadi objek foto bagi pengunjung, khususnya yang menyukai dunia fotografi.

  1. Sambutan Kicauan Burung

Ketika pengunjung sampai di Pantai yang satu ini akan disambut dengan suara kicauan burung yang berada di pepohonan sekitar pantai. Hal itu menambah suasana pantai sangat damai. Pengunjung juga bisa berteduh dari sinar matahari di bawah pohon yang berada di dekat pantai, sebab di sana belum tersedia gubuk atau semacamnya sebagai tempat bersantai untuk pengunjung.

  1. Pemandangan Laut Biru

Lautan di Pantai Ngetun terlihat kebiruan alami. Hal itu dikarenakan pantai ini memang steril dari berbagai sampah atau limbah dari penduduk, jadi keasliannya masih terjaga dengan baik. Laut yang biru ditambah dengan kondisi warna pasir yang putih dan bersih membuat pantai ini terlihat sangat mempesona dan tepat sekali untuk dijadikan backround foto.

Ketika air laut sedang surut, akan terlihat karang-karang kecil yang menghiasi bibir laut. Beberapa ikan kecil sedang menyangkut di balik dan sekitar karang. Selain itu juga ada tanaman laut seperti ganggang dan semacamnya menghiasi karang kecil tersebut. Hal itu menambah nilai eksotis pada pantai Ngetun. Jadi, sayang sekali jika dilewatkan.

  1. Cocok untuk Camping

Ada pengunjung yang melakukan camping di pantai ini baik bersama teman atau keluarga. Pastinya camping dilakukan dengan tetap menjaga kebersihan pantai. Namun pengunjung harus membawa dan mempersiapkan peralatan dan kebutuhan camping sendiri dari rumah karena di sana tidak menyediakannya.

  1. Puncak Watu Bangku dan Watu Gentong

Pengunjung bisa memanfaatkan bukit di samping pantai untuk melihat pemandangan pantai dan laut secara keseluruhan. Puncak bukit yang ada tersebut bernama Watu Bangku dan Watu Gentong, dimana puncak Watu Bangku ini lebih tinggi. Di sana sering dijadikan sebagai spot melihat pemandangan laut dan pantai Ngetun yang indah dan alami.

Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Kota Pelajar ini, sempatkanlah berkunjung ke Gunungkidul dan menyambangi Pantai Ngetun ini ya. Tidak perlu pusing untuk booking penginapan selama di Jogja karena kamu bisa memesan homestay pilihan kamu di Nginapdijogja atau bisa juga cek Instagram @nginapdijogja. Jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan, membuang sampah pada tempatnya, dan menyiapkan peralatan-peralatan pribadi yang dibutuhkan ya. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here