Pantai Jungwok Yogyakarta Tempat Asyik Untuk Mengisi Waktu Liburan

0
6
Pantai Jungwok
Sumber: (brobali.com)

Pantai Jungwok merupakan salah satu pantai yang berada di Gunung Kidul tepatnya berada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Wediombo dan Pantai Greweng.

Pantai Jungwok dikenal dengan pesona alam yang indah di sekitarmya, walaupun lebih sempit dibandingkan dengan pantai wediombo. selain itu pantai ini juga dikenal dengan pantai yang angker, walaupun begitu tidak menyurutkan minat wisatawan untuk mengunjungi pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Jungwok

Harga tiket untuk masuk pantai Jungwok sangat murah, hanya Rp. 5.000 per orang dan sudah termasuk harga tiket masuk Pantai Wediombo, karena lokasi kedua pantai ini memang berdekatan.

Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi seperti motor akan dikenakan biaya parker sebesar Rp. 2.000 dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Rute Menuju Lokasi Pantai

Rute untuk menuju Pantai Jungwook bisa menggunakan kendaraan pribadi mobil/moto.

Jika dimulai dari Yogyakarta maka rutenya melewati Jalan Bausasran lurus hingga ke SMA N 8 Yogyakarta – PLN Yogyakarta  mengikuti Jalan Nasional III dan Jalan Yogyakarta – Wonosari – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo baru bisa sampai ke Pantai Jungwok.

Sementara jika dari daerah bantul bisa melewati Jalan Imogiri Timur atau Playen Dlingo – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo hingga sampai ke tujuan. Rute ini lebih pendek daripada rute sebelumnya.

Buat kamu yang menggunakan transportasi umum, bisa mulai dari Terminal Giwangan, kemudian menuju arah Desa Jepitu dan dari sana kamu bisa naik ojek menuju Pantai Jungwok. Hanya saja membutuhkan biaya lebih mahal karena biaya ojek sekitar Rp 40.000 – Rp. 50.000 per orang.

Daya Tarik Pantai Jungwok

Di Pantai Jungwok kamu bisa menemukan berbagai hal menarik diantaranya:

  1. Mempunyai tiga aliran sungai air tawar.

Pantai Jungwok memiliki tiga aliran sungai air tawar yang langsung bermuara ke lautan pantai. Hal ini membuat bibir pantai seolah terbelah menjadi tiga bagian. Menjadikan pemkamungan unik dan daya tarik tersendiri bagi  wisatawan.

  1. Bentuk Garis Pantai yang melengkung

Pantai Jungwok mempunyai bentuk garis melengkung yang sangat eksotis, apalagi jika kamu melihat dari atas atau dari kejauhan.

Bentuk garis pantai yang indah dipadukan dengan pasir putih yang bersih memberikan suasana yang damai dan nyaman bagi para pengunjung. Oleh karena itu para wisatawan yang berkunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain air di tepi laut, bermain pasir atau bermain bola voli di tepi pantai.

  1. Cocok dijadikan sebagai tempat camping

Di pantai jungwook kamu bisa melkukan kegiatan camping bersma teman-teman. Karena suasana yang sepi dan nyaman membuat pantai ini sering digunakan untuk camping.

Namun, para pengunjung yang melakukan camping di area pantai ini harus selalu menjaga kebersihan pantai. Untuk kebutuhan camping, kamu bisa membawa peralatan sendiri dari rumah, karena di area pantai ini tidak disediakan peralatan dan kebutuhan camping.

Jika kamu membutuhkan kayu bakar untuk membuat api penghangat, kamu bisa membeli disana atau ke warga sekitar tidak perlu untuk mencari sendiri ke hutan ataupun lading di sekitar pantai karena kegiatan tersebut tidak diperbolehkan.

  1. Pemandangan pulau kecil

Ketika kamu berada di Pantai Jungwok, kamu akan melihat pulai kecil yang terlihat kehijauan membentang di tengah laut.

Pulau tersebut menambah keindahan pemadangan di pantai jungwok. Untuk kamu yang gemar fotografi atau selfie, pulau tersebut bisa dijadikan salah satu objek fotomu atau sebagai background untuk foto selfiemu.

  1. Pemandangan batu karang di sekitar laut

Di Pantai Jungwok kamu akan dimanjakan dengan pemandangan batu karang yang besar dan membentang di tengah laut. Batu tersebut sering disebut batu topi atau watu topi dalam bahasa jawa, di bebatuan tersebut sering digunakan untuk memancing bagi para warga ataupun pengunjung pantai.

Selain di tengah lautan, batu karang juga menyebar di sekitar pantai atau di tepi laut, biasanya terdapat berbagai binatang laut yang menempel di sekitar batu karang seperti lobster, ikan, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi pemandangan yang menarik bagi pengunjung dan sering dijadikan sebagai objek foto.

  1. Pemandangan lautan yang kebiruan

Laut di Pantai Jungwook memiliki warna kebiruan yang cerah dan indah. Tidak ada sampah yang berserakan di sekitar pantai ataupun terseret ombak membuat pantai ini terlihat sangat bersih dan alami. Paduan birunya laut dan pasir putih yang lembut menjadi daya tarrik para wisatawan dan menambah keindahan pemkamungan alam yang berada di pantai jungwok.

  1. Dekat dengan wisata menarik lainnya

Pantai Jungwok tidak hanya dekat dengan Pantai Wediombo dan Pantai Greweng, namun pantai ini juga dekat dengan Pantai Jogan dan Pantai Nglambor.

Pantai Jogan mempunyai keindahan berupa air terjun yang berpadu dengan lautan, sementara pantai nglambor sangat cocok untuk kamu yang gemar melakukan snorkeling. Jadi jika kamu berkunjung ke Pantai Jungwok jangan melewatkan kedua pantai ini untuk masuk list wisata.

Banyak pemandangan menarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung di pantai jungwok. Namun , saat berkunjung kepantai ini jangan lupa untuk selalu berhati- hati dan menjaga keselamatan.

Bagi kamu yang sedang atau berencana untuk berkunjung ke Yogyakarta dan masih bingung mencari akomodasi penginapan bisa langsung kunjungi website kami di www.nginapdijogja.com atau cek Instagram kami @nginapdijogja untuk mendapatkan referensi penginapan yang bisa disesuaikan dengan kapasitas dan budget Kamu tentunya. For more information : 085290809567 (Customer Service).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here