Pantai Greweng: Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi & Harga Tiket

0
5
Pantai Greweng
Sumber: (wisatainfo.com)

Yogyakarta merupakan kota dengan sejuta destinasi wisata yang tersebar di berbagai daerah. Mulai dari wisata sejarah, keraton, pegunungan, hutan, bukit, hingga pantai. Salah satu destinasi wisata pantai yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi para wisatawan adalah Pantai Greweng. Pantai yang sering disebut-sebut pantai perawan ini memang sangat memikat para wisatawan terutama yang hobi travelling dan camping.

Pantai yang terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta ini bukan satu-satunya pantai yang ada di deretan Gunungkidul. Selain Greweng, kamu dapat menemui Pantai Sedahan, Pantai Wediombo maupun Pantai Jungwok.

Lokasi beberapa pantai tersebut dapat dijumpai hanya dengan cukup berjalan kaki, karena mereka masih terletak dalam satu garis.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Pantai yang indah di pesisir utara Kota Gudeg ini tidak kalah indah dengan pantai pasir putih lainnya. Walaupun dengan lokasi yang sulit untuk ditempuh, dan jarak yang cukup jauh, tidak menghalangi para wisatawan untuk mencari pantai ini berada.

Untuk mengakses ke lokasi, kamu cukup merogoh kocek Rp 10.000,-/orang dan cukup dikenakan Rp 2.000,- untuk parkir kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Rute Menuju Pantai Greweng

Untuk menuju ke kawasan Pantai Greweng ini, kamu dapat menggunakan kendaraan darat baik roda dua maupun roda empat melalui beberapa pilihan rute. Rute yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut :

  1. Melewati Piyungan

Piyungan – Patuk – Gading kemudian ambil ke kiri ke arah Wonosari – Siono – Wonosari kota – Jalan Baron, kemudian Pertigaan Mulo ambil ke arah Tepus. Lalu ambil kiri ke arah Ndakbong – Purwodadi – Balong – Jepitu – ke arah Wediombo, ambil ke kiri arah Pantai Jungwok lalu menuju arah Pantai Greweng.

  1. Melewati Jalan Wonosari

Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading – Wonosari – Semanu – Pasar Munggi – Cuwelo – Giri Panggung – Cikal – Ngawar – Awar – Balong ke kiri – Jepitu, kemudian ambil arah menuju Pantai Wediombo – Pantai Jungwok, lalu ke arah Pantai Greweng.

Kedua rute tersebut dapat dipilih apabila kamu ingin menuju ke pantai ini. Perjalanan yang harus dibutuhkan untuk sampai di lokasi kurang lebih sekitar 2 hingga 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan menuju ke Pantai Greweng yang sejalur dengan arah Pantai Wediombo ini memang terbilang pantai terjauh dibanding pantai pasir putih lainnya seperti Sepanjang, Indrayanti, maupun Ngobaran.

Setibanya di area pantai, kamu akan langsung disuguhi dengan jalanan setapak yang luas dan lapang. Lokasi pantai yang sedikit terpencil membuat pantai ini susah untuk dijangkau oleh wisatawan, terutama bagi yang masih baru pertama kali datang. Pantai Greweng berada di sisi balik bukit dari Pantai Jungwok, jadi untuk wisatawan yang datang harus menempuh jalanan setapak tersebut selama hampir 20 menit untuk menuju Pantai Greweng.

Jadi bagi kamu yang ingin mengunjungi pantai ini, harus rela berjalan kaki dari parkiran menuju pantai tujuan. Namun jangan khawatir, rasa lelah akan terbayar begitu tiba di lokasi karena akan disuguhi dengan pemandangan yang indah, pepohonan yang alami, pegunungan yang memberikan hawa sejuk yang seolah menghilangkan lelah sekaligus.

Keunggulan dari Pantai Greweng

Selain pasir putih dan debur ombak merdunya yang bisa kita nikmati, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui dari Pantai Greweng :

  1. Bisa Digunakan Untuk Memancing

Bagi Anda yang gemar memancing, pantai ini bukan hanya untuk berwisata namun juga dapat dimanfaatkan untuk memancing di bukit karang. Bukit karang ini sudah diyakini banyak wisatawan karena menghasilkan banyak ikan laut. Namun di kawasan pantai ini tidak ada persewaan alat pancing, jadi Anda harus membawa alat pancing sendiri.

  1. Adanya Mata Air dan Sungai Kecil

Bukan hanya hamparan pantai yang indah dengan perbukitan di sekelilingnya, namun di Pantai Greweng memiliki sungai kecil yang airnya langsung dari mata air murni. Tentu air ini sangat bening dan terlihat batu karangnya.

  1. Goa

Goa ini juga dapat ditemui di dalam area pantai. Tempat ini juga seringkali dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto.

  1. Bisa Untuk Camping

Tempat ini biasa digunakan untuk camping bersama teman-teman karena area di pantai pasir putih ini cukup luas. Terlebih lagi di malam minggu, pantai ini akan ramai sekali oleh anak-anak muda yang mengadakan api unggun atau sekedar bakar-bakar ikan maupun jagung.

  1. Kuliner

Sayangnya, kuliner di Pantai Greweng belum sebanyak seperti di pantai pasir putih lainnya di Gunungkidul. Di dalam kawasan ini hanya dapat ditemukan beberapa warung kopi yang menjual makanan ringan seperti minuman kemasan, pop mie, dan roti-rotian.

Terlepas dari itu, tidak jarang orang yang tahu pantai ini datang dengan perlengkapan camping mereka, dan memasang tenda di sekitar goa yang kosong.

Biasanya sekelompok mereka terdiri dari beberapa orang atau mungkin sekeluarga. Ada yang membawa gitar, tenda, tikar, dan perlengkapan makanan dan minuman yang cukup untuk persediaan selama tinggal di pantai. Malam harinya, mereka memasang api unggun dengan membeli kayu terlebih dulu pada penduduk setempat. Kayu untuk api unggun dijual seharga IDR 10.000.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Greweng

Untungnya, Pantai Greweng yang awalnya belum memiliki fasilitas sedikit demi sedikit disediakan fasilitas umum seperti toilet untuk MCK dan warung makan. Dengan begitu, kamu tidak perlu sungkan meminta ijin menumpang toilet di rumah penduduk, atau trekking terlalu jauh ke Pantai Wediombo, misalnya.

Tips Wisata Ke Pantai Greweng

Berikut ini adalah tips wisata ke Pantai Greweng agar liburanmu kesini lebih asik.

  • Dengan datang beramai-ramai, selain suasana jadi seru kamu bisa saling meringankan bawaan, dan tentunya saling menjaga. Itu serunya tinggal di alam.
  • Siapkan kondisi fisikmu. Jangan coba-coba dating dalam keadaaan fisik kurang prima.
  • Saat tubuh berkeringat dan diterpa panas, air putih itu mutlak perlu.
  • Jangan lupa bawa pula payung, jas hujan, dan mantel untuk malam hari dan antisipasi cuaca buruk.

Bukan hanya pemandangan yang indah dan keunikan pantainya, Pantai Greweng ini juga asik dijadikan tujuan menghabiskan waktu bersama sahabat. Oleh karena itu, jika kamu sedang berkunjung ke Kota Pelajar ini, sempatkanlah berkunjung ke Gunungkidul dan menyambangi Pantai Greweng, ya.

Tidak perlu pusing untuk booking penginapan selama di Jogja karena kamu bisa memesan homestay pilihan kamu di Nginapdijogja. Jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan, membuang sampah pada tempatnya, dan menyiapkan peralatan-peralatan pribadi yang dibutuhkan. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here