Pantai Drini: Daya tarik | Failitas | Lokasi dan Harga Tiket

0
10
Pantai Drini
Sumber: (hargatiket.net)

Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya. Ombaknya yang tidak terlalu besar dan selingan karang-karang serta bukit hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Pantai Drini adalah salah satunya.

Pantai yang berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal, Pantai Baron, dan Pantai Nglambor ini memiliki keindahan pemandangan alam yang menakjubkan. Dikelilingi dengan perbukitan dan dataran tinggi, tempat ini dapat digunakan untuk melihat pemandangan dari atas tebing-tebing di sekitar pantai.

Jadi jika kamu ingin melihat pemandangan pantai yang bagus dari atas, bisa memilih Pantai ini untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Drini

Untuk dapat memasuki kawasan Pantai Drini, kamu cukup merogoh kocek seharga Rp 10.000,- setiap orang. Apabila sudah sampai di area lokasi, akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan yaitu Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat dan Rp 3.000,- untuk kendaraan roda dua.

Harga retribusi tersebut sudah dapat digunakan untuk berkeliling di berbagai pantai yang lokasinya berdekatan dengan Pantai yang satu ini. Ketika sudah mendarat di kawasan pantai, kamu akan langsung disambut oleh pemandangan indah dan deru ombak yang merdu.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berjarak sekitar 60 km dengan jarak tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota Yogyakarta.  Aksesnya sudah cukup bagus dengan adanya jalan aspal menuju kawasan pantai.

Untuk menuju ke lokasi pantai, kamu dapat mengakses dari berbagai rute karena untuk menuju kawasan sejuta pantai di Gunungkidul ini dapat diakses dari arah mana saja. Berikut beberapa rute yang bisa dipilih untuk menuju Pantai Drini :

  1. Dari arah Solo

Dari arah Solo ada dua pilihan rute yang dapat dipilih yaitu melewati Klaten dan Sukoharjo.

– Klaten Kota – Cawas – Semin – Watukelir – Tanjungsari kemudian ikuti arah menuju ke Pantai Drini

– Sukoharjo – Solo – Tawangsari – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari kemudian ikuti arah menuju ke Pantai Drini

  1. Dari arah pusat Yogyakarta

– Jogja kota – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Landasan Udara TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari kemudian ikuti ke arah Pantai Drini

Beberapa pilihan rute tersebut dapat menjadi acuanmu dalam perjalanan menuju Pantai Drini. Dilihat dari rute perjalanannya, perjalanan melewati jalur alternatif Jogja lebih memakan banyak waktu dibanding jika melewati Klaten dari arah Solo.

Daya Tarik Pantai Drini

Pantai Drini bukan hanya memberikan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan saja, namun pantai ini juga memiliki berbagai kelebihan lainnya yang dapat memanjakan wisatawan yang datang agar berlama-lama disana. Berikut beberapa faktor yang membuat pantai di pesisir selatan Jogja ini tetap memikat hati wisatawan :

  1. Area pantai yang luas dan pasir putih yang lembut

Area kawasan pantai ini terbilang cukup luas yang bisa digunakan wisatawan untuk berjemur, berenang, dan bermain pasir. Apabila kamu ingin menyusuri area pantai ini, tidak perlu takut kaki terluka karena di Pantai Drini ini memiliki pasir yang lembut, bahkan sedikit sekali ditemukan bebatuan di antara pasir-pasir seperti kebanyakan pantai lainnya.

  1. Air laut yang jernih

Ombak yang tidak terlalu tinggi dan air laut yang jernih adalah salah satu yang menjadi daya tarik di pantai ini. Ditambah lagi pantai ini sangat terjaga kebersihannya, jadi lebih membuat wisatawan dapat berlama-lama disini.

  1. Pemandangan indah dari ketinggian tebing

Ini yang menjadi salah satu alasan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini karena pemandangan dapat dinikmati dari ketinggian. Di atas perbukitan ini dilengkapi dengan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai.

  1. Fasilitas yang Lengkap

Bukan hanya spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk hunting foto di kawasan pantai, namun area ini juga memiliki banyak fasilitas yang memadai seperti toilet, gazebo, resto, parkir yang luas, dan tempat ibadah. Jadi wisatawan yang ingin bersantai menikmati waktu berlibur bersama kerabat maupun teman-teman kantor, di pantai ini sudah dapat menyediakan berbagai kebutuhan tanpa harus keluar jauh dari area pantai.

  1. Memiliki kuliner laut yang enak

Berkeliling dan bermain-main di sekitar area pantai tidak cukup jika tidak memanfaatkan mencicipi aneka ragam kuliner yang ada di Pantai Drini. Disana sudah banyak warung-warung yang memberikan aneka pilihan kuliner, dari masakan lokal hingga serba seafood. Salah satu menu yang sering diburu oleh wisatawan adalah ikan bakar yang sepaket dengan es teh dan nasi putih.

  1. Berbagai aktivitas pantai yang dapat dilakukan

Selain menikmati pemandangan yang cantik dengan semilir angin, di Pantai Drini ini kamu bisa melakukan surfing ombak, memancing, mengayuh kano, snorkeling, melihat pemandangan dari atas bukit, bermain air dan pasir serta berfoto.

Seperti kebanyakan pantai, obyek wisata ini juga buka 24 Jam. Namun harap diingat loket tiket tidak buka 24 jam dan pengunjung hanya bisa membeli tiket selama loket masih beroperasi.

Bukan hanya pemandangan yang indah dan pilihan kuliner yang beragam, Pantai Drini ini juga terkenal akan beragam pesonanya. Oleh karena itu, jika kamu sedang berkunjung ke kota pelajar ini, sempatkanlah untuk berkunjung ke Gunungkidul dan menyambangi Pantai Drini, ya. Tidak perlu pusing untuk booking penginapan selama di Jogja karena kamu bisa memesan homestay pilihan kamu di Nginapdijogja atau Instagram @nginapdijogja. Jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan, membuang sampah pada tempatnya, dan menyiapkan peralatan-peralatan pribadi yang dibutuhkan ya. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here