10 Kuliner Malam Jogja

0
21
Kuliner Malam Jogja
Sumber: (bukalapak.com)

Kuliner Jogja memang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Meski dikenal dengan julukan Kota Gudeg, nyatanya masih ada banyak hidangan menggugah selera yang bisa dicicipi saat melancong ke Jogja. Bagi kalian yang sedang kelaparan atau hanya sekedar mengisi perut saat malam hari, jangan khawatir banyak sekali Kuliner Malam Jogja yang siap di jadikan tempat bersantap malam.

Berikut 10 Rekomendasi Kuliner Malam Jogja Terkenal Paling Enak wajib di coba:

1. Soto Sampah

Soto Sampah
Sumber: (piknikdong.com)

Kuliner Jogja di malam hari yang tidak boleh terlewatkan adalah Soto Sampah dekat dengan Monumen Tugu. Kuliner khas jogja yang satu ini bikin rasa penasaran karena namanya. Sebutnya Soto uwuh/soto sampah Jogja lantaran kuliner ini memanfaatkan gajih sapi dan beberapa bahan soto lainnya yang dicampur aduk dalam satu porsi membuat tampilan sotonya berantakan.

Soto yang ada di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta ini buka pukul 16.00 sampai 04.00, hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Soto legendaris yang gurih dan enak ini dipatok dengan harga Rp 7.000 saja, dengan isian seperti soto pada umumnya seperti irisan kol, tauge, bihun, daging gajih dan juga kuah sotonya yang mantap. Berbagai gorengan pun tersedia sebagai menu pendamping saat makan soto ini.

2. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man
Sumber: (travsharing.com)

Terdapat banyak angkringan yang bisa kamu temui di Yogyakarta salah satunya yang cukup terkenal adalah angkringan Lik Man. 

Angkringan Tugu Lik Man ini buka pukul 14.00 WIB sampai 03.00 WIB. Berlokasi di pinggir Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu

Angkringan Lik Man menyajikan berbagai menu angkringan seperti angkringan pada umumnya yakni nasi kucing dengan tempe juga sambal teri, sate telur puyuh, sate kerang, serta aneka gorengan. Untuk minumannya tersedia Teh, Jahe, Susu dll.

Nah terdapat menu yang paling digemari oleh para pelanggan saat singgah di tempat yang satu ini yaitu Kopi Joss, kopi yang satu ini telah menjadi menu favorit pelanggan Angkringan Lik Man. Beraroma Wangi, rasanya yang mantap, dan cara pembuatannya pun begitu unik. Cukup dengan Rp. 4.000,- saja kalian sudah bisa menikmati kopi joss khas kota Jogja ini loh.

3. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari
Sumber: (tribunnewswiki.com)

Sate klathak adalah sate kambing yang dibakar diatas bara api seperti kuliner sate pada umumnya. Namun yang membedakan adalah tusuk satenya.  

Tusuk sate yang Pak Bari gunakan bukan tusuk sate bambu melainkan jeruji motor, jeruji besi merupakan penghantar panas yang sempurna sehingga membuat daging kambing yang dibakar akan menjadi matang merata.

Menu sate klathak pak Bari lezat ini dibanderol sekitar  Rp. 20.000,- per porsi yang  berisi dua tusuk sate dengan irisan daging yang lumayan besar – besar loh. Sate Klathak Pak Bari juga menawarkan menu masakan lain yang tidak kalah enaknya seperti gulai, tongseng dan juga tengkleng. Dan berbagai macam minuman seperti teg nasgitel, jeruk serta wedang uwuh.

Lokasi Sate Klathak Pak bari berada di Jalan Kedaton, Desa Pleret, Kelurahan Wonokromo, Kecamatan Imogiri, Bantul. Tepat 12 km dari pusat Kota Jogja ke arah selatan dan buka setiap hari mulai pukul 18.30 hingga 02.00 WIB. Bisa saja tutup sebelum waktunya ketika persediaannya telah habis, jadi jangan sampai kehabisan ya guys.

4. Mie Ayam Grabyas

Mie Ayam Grabyas
Sumber: (kanaljogja.id)

Tidak seperti mie ayam pada umumnya yang buka di pagi hari atau siang hari, mie ayam grabyas ini buka pada malam hari hingga menjelang pagi hari. Keunikan Mie Ayam Grabyas yang merupakan wisata kuliner malam di Jogja ini adalah  “grabyas” atau kulit ayam krispi sebagai pendamping menikmati sajian mie ayam.

Lokasi Mie Ayam Grabyas Yogyakarta berada di emperan toko kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta tepatnya di seberang jalan Hotel Grand Inna Garuda dan di sebelah selatan dari Indomaret Point Malioboro. Kuliner malam khas Jogja yang satu ini sangat terkenal karena mantap dan unik sebab hanya buka pukul 00.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Beberapa menu pilihan yang ditawarkan Mie ayam grabyas ini diantaranya mie ayam lengkap dengan pangsit goreng, mie ayam grabyas pangsit rebus, mie ayam grabyas bakso, mie ayam komplit, ekstra pangsit rebus atau goreng, ekstra bakso, dan juga kulit ayam crispy.

Harganya mulai dari Rp. 13.000 hingga Rp. 18.000 untuk semangkok mie ayamnya.

5. The House Of Raminten

The House Of Raminten
Sumber: (tripadvisor.com)

The House of Raminten menjadi salah satu pilihan tempat asyik buat ngumpul bersama keluarga, saudara, dan teman-teman lainnya saat singgah di kota Jogja.

Dari sekian banyak restoran yang ada di Jogja, ada nih satu tempat kuliner yang sayang banget jika dilewatkan yaitu The House of Raminten. Rumah makan ini menyajikan nuansa Jawa terdapat alunan musik gending Jawa yang megah sekaligus menenangkan.

Beralamat di Jln Fm Noto 11 Kotabaru Yogyakarta tepatnya Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan buka setiap hari 24 jam.

mencoba berbagai menu karena namanya yang unik atau bentuknya yang menarik. Makanan yang disajikan di restoran sangat tradisional, mulai dari nasi goreng sampai yang paling khas yaitu sego kucing. Berbagai macam menu dapat dipilih dengan harga yang cukup terjangkau

6. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah
Sumber: (tripisia.id)

Tempat kuliner di Jogja yang satu ini merupakan tempat kuliner yang favorit di Jogja yaitu Gudeg Mercon Bu Tinah. Gudeg mercon ini cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1992 hingga saat ini cukup ramai pelanggannya.

Penggemar gudeg wajib coba gudeg mercon bu Tinah ini karena pasalnya, gudeg umumnya memiliki cita rasa yang cenderung manis dengan kuah santan kental yang gurih namun tidak pada gudeg mercon ini yang notabene rasa pedas yang meladak – ledak di mulut.

Warung gudeg bu Tinah ini buka mulai pukul 21.00 hingga 01.00 atau persediaan gudegnya habis terjual. Untuk lokasi warung gudeg mercon ini berada di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta  

Sebagaimana kuliner gudeg lainnya, menu gudeg di sini juga memiliki varian yang beragam. Mulai dari Rp 15.000, pengunjung sudah bisa menikmati gudeg yang membakar lidah, lengkap dengan nasi dan lauk seperti ayam, telur, krecek, gudeg, dan tentunya oseng mercon yang menjadi favorit

7. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti
Sumber: (neolimastrans.com)

Kuliner Jogja di malam hari lainnya yang wajib kamu cicipi adalah Oseng Mercon Bu Narti.

Penggila makanan pedas tidak boleh melewatkan wisata kuliner Jogja yang satu ini. Warung tenda ini sudah ada semenjak tahun 1998 lalu hingga saat ini yang selalu ramai pengunjung.

oseng-oseng Mercon Bu Narti merupakan kuliner khas Yogyakarta Warung makan yang ada di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan seberang gulai kepala ikan Bank Jo ini malah disebut sebagai pelopor masakan super pedas berbahan daging sapi di Jogja.

Oseng Mercon Bu Narti ini juga mendapat julukan lain oleh para pelanggannya misalnya bledeg dan halilintar. Tempat makan ini buka setiap malam dari jam 17.00 hingga 23.00 WIB. Oseng Mercon ini dibuat dari perpaduan antara kulit, gajih, kikil, serta tulang muda daging sapi. Sungguh sangat lezat dan pastinya pedasnya yang sungguh luar biasa. WAW 

8. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo
Sumber: (onejogja.com)

Nasi Goreng Beringharjo salah satu tempat makan malam yang pantas dicicipi saat berada di Jogja sebab kelezatannya telah diakui banyak orang. Nasi goreng ini bisa dibilang salah satu kuliner yang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1960.

Warung ini buka dari jam 18.00 hingga 23.00 WIB. Berada di Jl. Suryotomo No. 7, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Nasi Goreng Beringharjo menyajikan beberapa menu nasi goreng yang akan menggoyang lidah diantaranya nasi goreng ayam, nasi goreng sea food, nasi goreng kambing, bahkan nasi goreng pete.  Untuk satu porsi masakan di warung Nasi Goreng Beringharjo berkisar Rp 12.000.

9. Nasi Rames Demangan

Nasi Rames Demangan
Sumber: (nuranwibisono.net)

Kalau kamu ingin makan lezat dan murah, Nasi Rames Demangan bisa menjadi pilihan yang tepat saat berada di Jogja. Nasi rames yang legendaris ini tidak pernah sepi pengunjung dimana antrian panjang terlihat betapa banyaknya penggemar nasi rames tersebut.

Selain dikenal dengan Nasi Rames Demangan, nasi campur di warung tenda ini juga memiliki nama lain seperti nasi campur sambal teri dan nasi campur gejayan.

Nasi Rames Demangan ini memang cukup strategis dan mudah untuk dijangkau terletak di Jalan Demangan di depan apotek Ardi Farma atau depan toko tekstil Prima Demangan dengan Jam buka sekitar pukul 22.00 WIB sampai habis.

Nasi Rames Demangan menyediakan pilihan lauk seperti telur dadar, telur bumbu balado, telur asin, ayam bumbu balado, ayam goreng, aneka gorengan dan lainnya.

10. Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito
Sumber: (kumparan.com)

Bakmi Jawa di Jogja yang wajib kamu coba saat liburan ke kota ini adalah Bakmi Jowo Mbah Gito karena warung bakmi yang satu ini memiliki desain interior yang unik dan kental akan nuansa tradisional Jawa menjadi daya tarik yang membuat banyak pelanggannya penasaran. Tak hanya tempatnya yang nyentrik, hidangannya juga tak kalah menggugah selera loh.

Bakmi Jowo Mbah Gito yang berlokasi di Jalan Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta dan buka mulai pukul 11.00 siang ini selalu ramai pengunjung.

Tidak hanya bakmi, Mbah Gito juga menawarkan menu lain yang tak kalah menggiurkan. Beberapa menu antara lain soto, rica-rica, nasi goreng dan bakmi godog menjadi menu andalannya. Jangan lupa dengan minumannya ya, ada saparella dan wedang uwuh yang dapat mengobati dahaga kalian.

Nah itu dia 10 Rekomendasi Kuliner Malam Jogja Terkenal Paling Enak yang wajib kalian coba saat singgah di kota gudeg ini.  Buktikan kenikmatan berbagai macam kuliner enak tersebut yang akan menggoyah lidah dan bikin perut kenyang pastinya. Terimaksih telah mampir nginap di Jogja dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here