10 Gudeg Terkenal di Jogja

0
32
Gudeg Terkenal di Jogja
Sumber: (gloob-online.com)

Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal dengan Kota Gudeg, hal ini dikarenakan menu makanan berbahan dasar nangka muda ini berasal dari Kota Jogja. Para wisatawan yang datang ke Kota ini tidak ketinggalan untuk mencicipi makanan khas Jogja ini yaitu Gudeg. Banyak sekali penjual Gudeg Terkenal di Jogja mulai pedagang pinggir jalan hingga restoran berbintang.

Kota Jogja tentunya menjadi pusat makan gudeg, tidak sulit bagi para wisatawan untuk mencari makanan gudeg ini karena hampir di seluruh sudut kota ada yang jual. Baik hanya sekedar ingin mencicipi makan di tempat atau dijadikan sebagai oleh – oleh. 

Namun banyak juga yang bingung sangking banyaknya penjualan gudeg di kota ini.  Anda tidak usah khawatir, kali ini Nginap di Jogja akan menyajikan informasi tempat gudeg yang terkenal dan paling enak yang sering dijadikan wisata kuliner bagi para wisatawan saat berada di Jogja.  

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum
Sumber: (visitingjogja.com)

Djuwariyah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Yu Djum adalah sosok pendiri rumah makan tradisional dengan menu gudeg  terkenal di Jogja. Banyak para wisata Jogja yang sengaja untuk mencicipi masakan khas Jogja ini. Ada beberapa tempat Gudeg Yu Djum yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini, nah salah satunya yang paling ramai beralamat di jl Wijilan No 167, Panembahan, Kraton Yogyakarta.

Rasa Gudeg Yu Djum tidak perlu diragukan lagi karena telah banyak yang membuktikan kenikmatan gudeg ini yang memiliki cita rasa manis campur gurih. Untuk menikmati gudeg yang legendaris ini dibanderol mulai dengan harga Rp. 15.000 hingga Rp. 340.000 per porsi. Harga yang cukup bervariasi tergantung dengan menu yang dipilih, tersedia juga menu paket yang bisa dijadikan oleh – oleh maupun dimakan di tempat.

Gudeg Sagan

Gudeg Sagan
Sumber: (Traveloka.com)

Tempat makan yang asik cocok untuk keluarga maupun teman – teman dengan menu Gudeg adalah Gudeg Sagan. Para penikmat gudeg di tempat makan yang satu ini tidak hanya sekedar menikmati kelezatan gudeg yang tersedia namun juga akan diiringi dengan Performance Live Musik membuat suasana makin asik. Tempat ini berlokasi di Jl. Prof Dr. Herman Yohanes No. 53, Caturtunggal, Depok, Samirono, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cita rasa yang khas membuat Gudeg Sagan digemari oleh para pengunjung, harganya pun cukup terjangkau untuk menikmati kelezatan gudeg basah dengan perpaduan rasa pedas, manis dan gurih khas Gudeg Sagan ini. Harga per porsinya berkisar mulai dari Rp. 11.500 hingga Rp. 24.000 tergantung dengan menunya.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Sumber: (traveloka.com)

Seperti namanya Gudeg Pawon dimana tempat ini melayani para tamunya dengan menjual langsung di dalam dapur (Pawon). Sehingga para pengunjung bisa melihat prosesnya langsung di dalam dapur. Bagi Anda yang ingin menikmati gudeg di malam hari, Gudeg Pawon sangat cocok karena bukanya pukul 22.30 yang berlokasi di Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Sebaiknya Anda datang lebih awal untuk menghindari antrian yang panjang karena ramainya pengunjung. Menu Gudeg Pawon ini dibandrol dengan harga cukup terjangkau berkisar antara Rp.  11.000 hingga Rp. 24.000 per porsi. Dengan harga segitu Anda dapat menikmati kelezatan dari Gudeg Pawon ini.

Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu
Sumber: (holamigo.id)

Menu gudeg kreceknya patut di coba karena terkenal enaknya tapi menu lainya juga tidak kalah enaknya kok. Lokasi yang strategi yaitu dipinggir jalan raya berdekatan dengan Malioboro Mall tepatnya berlokasi di Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta dan Waktu buka dari pukul 05.00 hingga 11.00. 

Walaupun Mbah Lindu sebagai pemilik tidak lagi yang melayaninya langsung, untuk rasa dan kenikmatan dari Gudeg Mbah Lindu ini tidak ada yang berbeda masih tetap lezat menggugah selera. Harganya pun relatif murah loh hanya berkisaran Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 saja per porsinya.

Gudeg Bromo

Gudeg Bromo
Sumber: (dansmedia.net)

Gudek yang satu ini cocok bagi Anda yang sedang di Jogja yang lagi kelaparan di tengah malam hari karena Gudeg Bromo buka dari Pukul 23.00 hingga 05.00. Rasanya tak perlu di ragukan lagi dengan menu utamanya gudeg basah dilengkapi telur bacem, tempe, tahu, ayam suwir, bahkan daging ayamnya. Gudeg milik Bu Sumijo ini berlokasi di Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat Gudeg di Jogja ini sangat ramai pembelinya sehingga para pembeli harus mengantri untuk mencicipi gudeg yang legendaris ini. Untuk harga per porsinya relatif murah mulai dari Rp. 12.000 hingga Rp. 35.000 tergantung dengan lauk yang dipilih. Jangan lupa mampir untuk menikmati kelezatan Gudeg Bromo ini saat di Jogja.

Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro
Sumber: (dailyhotels.id)

Menu unik yang disajikan Gudeg Bu Tjitro ini yang berbeda dengan menu gudeg lainnya, dikarenakan menggunakan saos sambal atau saos kering. Tempat gudeg ini juga menyediakan gudeg kaleng yang bisa dijadikan oleh – oleh untuk dibawa pulang. Dimana gudeg kaleng ini bisa tahan lama bahkan hingga 1 tahun. Lokasi restoran ini sangat sangat strategis yaitu di Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada didepan persis Gedung Jogja Expo Center (JEC).

Tidak hanya gudeg yang disediakan oleh Gudeg Bu Tjitro namun juga ada beberapa menu lainnya seperti Sup Kembang Tahi, Ayam Herbal, Sup Ayam dengan bahan baku ayam kampung dengan kombinasi bumbu ginseng, kayu manis, jahe dan rempah-rempah tradisional. Harganya relatif terjangkau mulai dari Rp. 9.000 hingga Rp. 150.000.

Gudeg Mercon

Gudeg Mercon
Sumber: (kotajogja.com)

Sesuai dengan namanya Gudeg Mercon yang membuat beda dengan gudeg pada umumnya yang ada di Jogja dengan identik rasa manis dan gurih. Gudeg yang satu ini memiliki rasa pedas, cocok bagi Anda yang suka makanan pedas. Anda bisa ke lokasi di Jl. Asem Gede, dekat Pasar Kranggan, Jetis, sebelah barat Klenteng Poncowinatan Yogyakarta untuk mencicipi kelezatan Gudeg Mercon ini. Sebaiknya Anda ke lokasi sebelum jam buka untuk antrian lebih awal, waktu bukanya mulai pukul 23.00 malam hingga 04.00 pagi.

Anda dapat menikmati Gudeg Mercon ini dengan tarif sekitar Rp. 12.000 hingga Rp. 20.000 per porsinya tergantung dengan menunya. Tersedia juga suwir ayam, tempe, sate tusuk dan gorengan sebagai lauk tambahannya. 

Gudeg Bu Hj. Ahmad

Gudeg Bu Hj. Ahmad
Sumber: (gudeg.net)

Nah gudeg yang terkenal berikutnya adalah Gudeg Bu Hj. Ahmad, dengan berbagai macam menu pilihan seperti Krecek, Telur, Sayap, Ati Ampela, Kepala dan Ayam Suir yang menggugah selera. Gudeg yang terkenal ini buka setiap hari mulai pukul 05.30 hingga 22.00. Bagi Anda yang ingin mencicipi gudeg yang lezat ini langsung saja menuju lokasinya yang berada di Jl. Kaliurang KM.45, Blok CT 3 No 5, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta.

Walaupun ramai dengan pembeli dan memiliki rasa yang tidak diragukan lagi pastinya enak tidak membuat gudeg ini di jual mahal. Anda hanya perlu mengeluarkan budget Rp. 14.000 hingga Rp. 45.000 untuk menikmati gudeg ini. Oh iya, selain makan di tempat gudeg ini juga menerima delivery, jadi Anda gak usah repot – repot datang dan ikut ngantri ya.

Gudeg Manggar Bu Jumilan

Gudeg Manggar Bu Jumilah
Sumber: (iqbalkautsar.com)

Pada umumnya gudeg terbuat dari nangka muda (gori) namun tidak pada Gudeg Manggar ini. Gudeg ini berbahan putik bunga muda pohon kelapa yang diolah sama seperti mengolah gudeg pada umumnya. Ternyata rasanya sungguh luar biasa enaknya loh, kalian harus coba. Waktu buka warung gudeg ini mulai pukul 06.00 hingga 14.00 yang berlokasi di Jl. Srandakan KM. 8, Bantul, Yogyakarta.

Gudeg Manggar ini identik dengan rasa tidak terlalu manis dan sedikit pedas membuat banyak digemari. Untuk harga per porsi atau per paket menu gudeg ini sekitar Rp. 8.000 hingga Rp. 250.000 tergantung pesanannya. 

Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg Permata Bu Narti
Sumber: (myeatandtravelstory)

Nih bagi kalian yang sedang di Jogja mau berburu wisata kuliner malam yang lagi ngehits adalah Gudeg Permata Bu Narti. Gudeg legendaris ini berdiri sejak 1951 dekat dengan Bioskop Permata. Warung gudeg ini buka pada pukul 20.30 hingga 02.00 dan selalu ramai dengan pembeli. Alamat lengkapnya di Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

Untuk merasakan kelezatan Gudeg Permata Bu Narti ini, Anda hanya cukup mengeluarkan biaya antara Rp. 12.000 sampai dengan Rp. 50.000 untuk setiap porsinya sesuai dengan pesanan yang dipilih. Rasanya yang gurih membuat gudeg ini berbeda dengan gudeg pada umumnya yang identik dengan rasa manis.

Nah itu lah 10 Gudeg terkenal di Jogja paling enak wajib dicoba sebagai rekomendasi Kalian yang sedang berburu wisata kuliner di Jogja. Dari pada penasaran langsung saja buktikan sendiri dan rasakan sensasi kelezatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here