Pesona Wisata Candi Ijo Yogyakarta

0
8
Candi Ijo
Sumber: (garasijogja.com)

Liburan ke Jogja belum lengkap kalau belum mengunjungi berbagai daya tarik wisata menarik yang ada didalamnya. Berbagai macam daya tarik wisata tersedia di Jogja, baik dari wisata alam, budaya, sejarah, belanja, dan wisata kulinernya. Salah satu wisata sejarah yang hingga saat ini selalu ramai didatangi oleh para wisatawan adalah Candi Ijo.

Daya Tarik Wisata Candi Ijo

Candi yang berlokasi di daerah Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan candi yang letaknya paling tinggi di Jogja dengan ketinggian kurang lebih 375 m diatas permukaan laut. Candi ini memiliki panorama alam yang indah dengan pesona budaya dan sejarah yang ditawarkannya.

Candi Ijo merupakan candi bercorak Hindu dengan bukti rerlief pada dinding candinya yang dibangun sekitar abad ke-10 hingga ke-11. Candi ini terdiri dari 17 bangunan dan dibagi menjadi 11 teras berundak. Komplek Candi terdiri dari 4 candi utama, 8 lingga patok, dan 3 buah candi perwara.

Candi induk menghadap ke arat Barat dan berhadapan dengan 3 (tiga) candi sejajar yang ukuran bangunannya lebih kecil. Bangunan ketiga candi ini dipercaya sebagai Hindu Trimurti (Wisnu, Brahma, dan Siwa). Candi yang memiliki pelataran yang luas dan hijau ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Candi ini berdiri di atas sebuah bukit yaitu Gumuk Ijo, yang merupakan bagian dari Perbukitan Batur Agung.

Selain bisa digunakan untuk bersantai, wisatawan juga dapat menikmati sejuknya angin yang sepoi-sepoi dari atas candi ini. Wisatawan juga dapat menikmati panorama sunset/ terbenamnya matahari dengan spot yang instagramable banget dari pelataran candi ini.

Fasilitas Yang ada di Lokasi Wisata

Selain dari keindahan alam, sejarah, dan budayanya, Candi Ijo juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Candi ini sudah memiliki pos penjagaan yang dapat memberikan data mengenai Candi Ijo yang berisi sejarah, proses pemugaran, dan penemuan-penemuan Candi ini.

Fasilitas lainnya yang dimiliki oleh Candi ini yaitu papan informasi sejarah candi, pos satpam, gazebo, mushola, area parkir, toilet, tempat makan dan jajanan, serta spot foto yang menarik serta beberapa Homestay di Jogja yang siap dijadikan tempat penginapan saat berwista ke Candi ini.

Rute Menuju Candi Ijo

Alamat Candi Ijo berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute yang dilalui untuk menuju Candi ini cukup menantang karena lokasinya yang berada di perbukitan sehingga harus menanjak. Rute yang dapat digunakan untuk berkunjung Candi dari arah Kota Yogyakarta adalah dengan menempuh perjalanan menuju Jogja-Solo.

Pada pertigaan Candi Prambanan belok ke kanan atau menuju ke arah timur Jalan Prambanan-Piyungan. Kamu akan menjumpai papan nama Candi Ijo dan belok kiri terus ikuti jalan menanjak sampai ketujuan.

Waktu tempuh apabila menggunakan kendaraan sepeda motor dari Kota Jogja menuju Lokasi ini sekitar 50 menit dengan jarak kurang lebih 19 km.

Jam Buka Wisata Candi

Candi Ijo yang menawarkan wisata sejarah dan budaya dengan spot foto sunsetnya yang mempesona ini buka setiap hari dari Senin-Minggu PukulĀ  06.00 WIB s/d 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Candi

Harga Tiket Masuk Candi Ijo cukup terjangkau yaitu Rp 5.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000,- untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk harga parkirnya, wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 2.000,- untuk sepeda motor, Rp 5.000,- untuk mobil, dan Rp 10.000,- untuk bus.

Untuk menikmati keindahan alam di Gardung Pandang, kamu hanya mengeluarkan biaya RP 2.000,- dan biaya Rp 5.000,- per orang apabila kamu akan mengikuti camping ground.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here