Yuk, Berwisata ke Pantai Wediombo : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

0
187
Pantai Wediombo
Foto : https://backpackerjakarta.com/pantai-wedi-ombo-di-kota-gudeg-yogyakarta/
Pantai Wediombo
Foto : https://backpackerjakarta.com/pantai-wedi-ombo-di-kota-gudeg-yogyakarta/

Siapa yang tak kenal dengan pesona pantai-pantai pasir putih yang terletak berjajar di Kabupaten Gunungkidul, Wonosari, Yogyakarta? Semenjak ditemukannya Pantai Indrayanti, pesona pantai di Wonosari seakan tak pernah habis ditemukan. Salah satunya yang sudah terkenal dan kerap menjadi destinasi wisata favorit hingga kini adalah Pantai Wediombo. Dikenal dengan keindahan pasir putih dan kejernihan air lautnya, disini kamu bisa mengeksplor keindahan bawah lautnya lho, Guys!

Arti kata Wediombo diambil dari Bahasa Jawa ‘wedi’ yang berarti ‘pasir’ dan ‘ombo’ yang berarti ‘luas’. Jika diartikan, Wediombo adalah hamparan pasir yang luas. Seperti namanya, pantai ini memang memiliki wilayah yang luas dibanding pantai lainnya di sekitarnya. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul dan sekaligus menjadi pantai paling ujung dari pantai yang lain. Untuk mencapai kesana, kamu harus menempuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja dengan menggunakan kendaraan.

Banyak pilihan rute perjalanan bagi kamu yang ingin berlibur ke Pantai Wediombo, walaupun pantai ini terletak di paling barat Kabupaten Gunungkidul, pantai ini sering dijadikan tujuan bagi para wisatawan. Bukan hanya wisatawan domestik saja, namun Wediombo juga menjadi incaran banyak wisatawan mancanegara karena lokasinya yang terkenal dengan hamparan batu karang, area yang luas, dan air laut yang sangat jernih.

Untuk dapat masuk ke area pantai Wediombo ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- untuk setiap orang. Untuk tiket parkirnya, kamu harus membayar sebesar Rp 3.000,- untuk kendaraan bermotor, dan Rp 5.000,- untuk mobil. Kamu harus berjalan melewati anak tangga apabila sudah sampai di tempat parkir, kurang lebih selama 15-20 menit dengan berjalan santai.

Bagi kamu yang datang kemari, tentunya hal pertama yang bisa kamu nikmati disini adalah panorama pantai yang dikelilingi perbukitan hijau dengan birunya air laut, pasir putih bak permadani, bebatuan karang, dan semilir angin pantai yang membuat pantai ini cocok sebagai tempat melepas penat dan refreshing.

Berbagai aktifitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Wediombo ini adalah berenang dengan air lautnya yang sangat bening hingga bisa melihat isi bawah lautnya. Kamu juga bisa snorkeling di Wediombo. Disewakan berbagai alat buat kamu yang mau snorkling. Selain itu kamu juga bisa hunting foto sunset di sore hari ketika mendapat momen sunset yang tepat. Dan terakhir kamu bersama teman-teman kamu bisa berkemah dengan mendirikan tenda di Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang tidak hanya dapat dinikmati keindahan panorama alamnya saja. Kamu yang datang berwisata ke Pantai Wediombo ini bisa menikmati jernihnya air laut dengan berenang di kolam alami yang ada disana yang disebut Laguna. Buat kamu yang menyukai surfing, tempat yang satu ini menjadi salah satu surga bagi mereka karena memiliki ombak yang paling baik diantara pantai-pantai lain di Yogyakarta. Dibalik keindahan pesona alam bahari pantai ini, ternyata pantai Wediombo juga menjadi salah satu tempat diadakannya upacara adat bagi warga sekitar. Upacara adat ini dinamakan ritual Ngalangi, yaitu upacara adat atau tradisi warga sekitar yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali dalam rangka berdoa untuk memohon rezeki di tahun mendatang serta perwujudan rasa syukur warga sekitar kepada Sang Pencipta atas rezeki yang telah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here