Desa Wisata Kalibiru: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

0
685
DEsa Wisata Kalibiru
Foto : dinpar.kulonprogokab.go.id
DEsa Wisata Kalibiru
Foto : dinpar.kulonprogokab.go.id

Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Gudeg. Selain itu, kota istimewa satu ini juga dikenal akan daya tarik wisatanya yang mempesona di setiap sudutnya. Tidak hanya pesona alamnya yang mempesona dan masih alami serta udaranya yang sejuk, masyarakatnya juga memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi. Salah satu daya tarik wisata tersebut, yaitu Desa Wisata Kalibiru.

Daya Tarik Wisata

Desa wisata Kalibiru merupakan sebuah kawasan hutan yang dikelola oleh masyarakat dan dijadikan sebuah objek wisata alam. Daya tarik wisata yang ditawarkan oleh objek wisata yang satu ini adalah panorama lamnya yang sungguh mengagumkan. Wisatawan yang datang berkunjung ke desa wisata Kalibiru ini dapat menikmati keindahan di balik Hutan Kalibiru ketika cuaca sedang cerah., yaitu Gunung Merapi, Pantai Selatan, dan Waduk Sermo.

Desa wisata yang berada di daerah perbukitan ini menjadi hal menarik bagi wisatawan, terutama untuk wisatawan perkotaan. Hal ini dikarenakan udaranya yang masih sejuk dan alami. Suasana inilah yang sangat mahal dan menjadi incaran para wisatawan untuk mendapatkan suasana yang tenang dan tentunya untuk penat dari aktivitasnya sehari-hari.

Tidak hanya keindahan alamnya yang mempesona dan mengagumkan, kawasan ini juga memiliki beragam seni dan budaya tradisional yang menjadi daya tarik wisatawan. Masyarakat dari desa wisata Kalibiru ini juga ramah dan dikenal santun serta memiliki rasa kekeluargaan dan senang bergotong royong.

Wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Kalibiru ini dapat menikmati berbagai aktivitas wisata yang disediakan. Wisatawan dapat mengabadikan momen liburannya di gardu pandang milik desa Wisata Kalibiru ini dengan pemandangan yang indah, mengikuti aktivitas wisata di jalur tracking, area outbond dan mengikuti permainan flying fox.

Fasilitas

Wisatawan yang datang untuk berkunjung ke kawasan Kalibiru ini dapat menggunakan berbagai fasilitas yang sudah disediakan. Adapun fasilitas tersebut, seperti gardu pandang, joglo, pondok wisata, hingga perpustakaan.

Rute

Desa Wisata Kalibiru berlokasi di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. Kawasan Kalibiru ini berada di daerah perbukitan yang berjarak sekitar 10 km dari Wates, ibukota Kulonprogo.

Rute perjalanan yang dilalui untuk mencapai Kawasan Kalibiru ini cukup mudah. Apabila kamu memulai keberangkatan dari Kota Yogyakarta, kamu dapat menempuh perjalanan yang berjarak sekitar 40 km ini dalam waktu 60-90 menit.

Kamu dapat mengikuti rute menuju pemandian Clereng dari arah Wates. Setibanya di Pemandian Clereng ini, kamu perlu menuju kea rah utara melewati Pasar Lereng dan jembatan sejauh 10 m. Kemudian berbelok kea rah kiri untuk mengikuti petunjuk arah ke Kawasan Kalibiru ini.

Jam Buka

Apabila anda tertarik untuk berkunjung ke Desa Wisata Kalibiru ini, kamu bisa mengunjungi objek wisata alam ini setiap hari. Untuk Jam ukanya, objek wisata ini buka dari Pukul 06.30 s/d 17.00 WIB.

Harga Tiket masuk

Wisatawan yang ingin menikmati berbagai spot foto dan keindahan alam yang ditawarkan oleh Desa Wisata Kalibiru perlu mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau untuk tiket masuknya, yaitu Rp 10.000,-. Untuk biaya parkirnya, pengunjung perlu membayar parkir yang juga cukup terjangkau, yaitu Rp 2.000,- untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000,- untuk kendaraan mobil.

Untuk menikmati spot fotonya yang beragam dan menarik, wistawan juga perlu membayar kembali untuk setiap spot fotonya. Untuk spot High Rope Game (HRG), spot ini merupakan spot yang paling mahal yaitu Rp 35.000,-. Untuk menikmati spot panggung, spot bundar, dan spot 1, pengunjung perlu membayar Rp 15.000,- untuk setiap spotnya. Dan untuk spot 2 dan 3, biaya yang dikenakan untuk pengunjung cukup terjangkau yaitu Rp 10.000,- untuk setiap spotnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here