Candi Prambanan : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

0
48
Candi Prambanan
Foto : visitingjogja.com

Berbicara tentang Yogyakarta memang selalu menarik minat kita untuk berwisata ke kota Gudeg tersebut. Selain terkenal dengan pesona alamnya yang seolah tiada habisnya, dari pantai, gunung, hutan, dan sungai yang sampai sekarang semakin banyak spot baru, Yogyakarta juga terkenal dengan kota budaya yang menyodorkan tempat-tempat bersejarah dan tidak boleh kita lewatkan. Salah satunya adalah Candi Prambanan. Destinasi berwisata ke Candi sekarang menjadi salah satu list favorit setiap wisatawan. Candi yang bercorak Hindu ini memang termasuk salah watu warisan dunia yang masuk di UNESCO. Megah, kokoh, dan indah, mungkin itu gambaran untuk Candi yang juga biasa disebut Candi Roro Jonggrang ini.

Selain terkenal dengan legenda Roro Jonggrang, Candi Prambanan yang diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia memiliki daya pikat lain bagi para wisatawan sejak tahun 1991.  Selain megah dan indah, bangunan penting umat Hindu ini juga memiliki berbagai hal yang pasti seru untuk dieksplorasi. Bagian dalam bangunan pun tak kalah menarik. Ada banyak sekali relief relief yang sambung menyambung dan membentuk suatu cerita tentang kehidupan masa lalu objek wisata ini, termasuk asal usulnya. Pemandangan di kawasan Candi Prambanan sangat mempesona. Kamu bisa melihat betapa indah dan agungnya relief peninggalan jaman dahulu. Salah satu relief yang terkenal tentu saja kisah cinta Rama dan Dewi Shinta. Keberadaan relief inilah yang mendasari dilangsungkannya pertunjukan Sendratari Ramayana di tempat ini.

Lokasi Candi Prambanan

Terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, dan Kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Tepatnya candi ini berada di Desa Bokoharjo, Prambanan Sleman. Sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Akses untuk menuju Candi Prambanan tergolong mudah dijangkau karena berada di pinggir Jalan Raya Yogya – Solo. Jika menggunakan kendaraan bermotor akan menempuh waktu sekitar 30-40 menit perjalanan dari Kota Yogyakarta.

Harga Tiket dan Parkir Candi Prambanan

Harga tiket masuk Candi Prambanan termasuk agak mahal. Untuk dapat menikmati keindahan Candi Prambanan, anda harus membayar Rp 40.000 untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya 25 USD atau sekitar Rp 338.000. Tapi dengan harga tiket masuk Candi Prambanan tersebut, dijamin akan sepadan dengan apa yang anda dapatkan ketika anda mengunjungi Candi Prambanan.

Sedangkan untuk harga parkir Candi Prambanan dibedakan untuk kendaraan jenis mobil dan motor. Untuk harga parkir mobil di Candi Prambanan adalah Rp 10.000,- sedangkan untuk harga parkir motor adalah Rp 3.000.

Fasilitas Candi Prambanan

Fasilitas Candi Prambanan sudah sangat lengkap bagi bagi para wisatawan yang mengunjungi Candi Prambanan, diantaranya terdapat mushola, papan informasi, toko souvenir, restoran, gazebo, tempat parkir, toilet, guide, golf cart, dan spot-spot foto.

Panorama Candi Prambanan juga bisa kamu nikmati pada sore hari. Memasuki senja, pemandangan candi yang menjulang lengkap dengan langit kemerahan bisa kamu lihat. Pada saat dipentaskan sendratari, bangunan candi akan disorot lampu warna-warni nan indah. Selain kompleks candi, kamu juga bisa belajar sejarah melalui Museum Arkeologi dan Audio Visual yang masih berada di kompleks Candi Prambanan. Kereta kelinci juga siap membawa kamu berkeliling Prambanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here