BUKIT PARALAYANG PARANGTRITIS : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

0
62
Bukit Paralayang Parangtritis
Foto by https://paralayangparangtritis.wordpress.com/
Bukit Paralayang Parangtritis
Foto by https://paralayangparangtritis.wordpress.com/

Bukit Paralayang

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Parangtritis? Pantai yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa ini memang tidak pernah lekang menghadirkan pesona laut yang menjadi favorit setiap wisatawan. Bahkan belum lengkap rasanya ke Jogja jika tidak menyambangi pantai yang satu ini. Namun di sekitar area pantai parangtritis ini kita tidak hanya dapat melihat pemandangan laut serta menikmati deburan ombaknya saja, di area sebelah selatan parangtritis terdapat tebing atau bukit yang memanjang ke arah barat, yang bernama Parang Endog atau yang lebih dikenal dengan Bukit Paralayang.

Awalnya tempat ini masih asing terdengar di telinga wisatawan, bahkan jarang yang mengunjungi atau sekedar berfoto disana. Namun akhir-akhir ini nama Paralayang Parang Endog atau Bukit Gupit sudah banyak dikenal. Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 900 mdpl di sebelah timur Parangtritis ini menawarkan pemandangan dari atas yang menawan.

 

Akses Menuju Paralayang

Akses menuju kesini lumayan seru karena kita harus menanjak dan melewati jalanan yang cukup terjal. Ketika sudah mendekati lokasi bukit tersebut pun jalannya makin menanjak. Masih lurus ke atas lagi sampai akhirnya tidak bertemu jalanan aspal. Anda nantinya akan bertemu warung di kanan jalan dengan halaman luas. Nah, di warung itulah Anda akan memarkir kendaraan dan cukup membayar parkir kendaraan kamu tanpa membayar tiket masuk.

 

Untuk menuju bukit tersebut Anda akan melewati tangga yang lumayan tinggi. Setelah melewati beberapa anak tangga, Anda akan berada di puncak dan bisa menikmati pemandangan Pantai Parangtritis darisana. Di sekeliling bukit ada banyak rumput hijau. Tempat ini paling pas untuk menikmati suasana, apalagi jika sore hari, maka anda bisa mengabadikan momen saat matahari terbenam.

 

Selain sore hari, anda juga bisa mengunjungi bukit paralayang ini di pagi hari. Jadi ada dua pilihan untuk bermain di bukit ini. Saat pagi buta sehingga bisa berlama-lama dan memperoleh pemandangan pantai dari gelap menuju terangnya pagi. Atau sore menjelang matahari terbenam sehingga Anda bisa menikmati pemandangan sunset di parangtritis dari ketinggian. Hanya saja Anda perlu melihat situasi dan kondisi saat berada di lokasi. Bukit ini tidak terlalu luas.

 

Aktivitas Paralayang

Asal usul mengapa dinamakan Bukit Paralayang ini karena memang bukit ini menjadi tempat dimana aktivitas Paralayang diselenggarakan. Lokasinya yang berada di perbukitan yang langsung menghadap ke lautan luas memang sangat pas untuk melakukan paralayang. Bukit Paralayang awalnya hanya merupakan perbukitan biasa. Kemudian pada tahun 1991 dibuat landasan beton pertama untuk fasilitas olahraga paralayang. Lalu dilanjutkan membuat fasilitas pendukung seperti pendopo joglo, tangga, serta area parkir sekitar tahun 1998. Para pegiat olahraga paralayang melakukan aktivitas paralayang pada rentang bulan Desember-Februari ketika cuaca cerah dan angina bertiup cukup kencang. Namun dengan perubahan cuaca yang tak menentu, para pelaku olahraga paralayang pun kesulitan menentukan jadwal tetap. Bagi pengunjung yang tertarik mencoba olaharaga ekstrem paralayang, akan dikenakan biaya Rp 300.000,-/orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here