Air Terjun Kedung Pedut Wisata Kulon Progo

0
451
Air Terjun Kedung Pedut
Sumber: (visitingjogja.com)

Liburan ke Jogja belum lengkap kalau belum mengunjungi salah satu objek wisata alamnya yang indah dan mempesona. Beragam daya tarik wisata alam di Jogja memiliki spot wisata yang menarik dan tentunya sangat instagramable, mulai dari perbukitan, pantai, sungai, hingga air terjunnya yang masih bening dan alami. Salah satu air terjunnya yang sudah sangat terkenal dan menjadi andalan wisatawan adalah Air Terjun Kedung Pedut.

Daya Tarik

Air Kedung Pedut merupakan air terjun dua warna yang cantik nan eksotis. Perpaduan warna alami dari biru toska dan putih jernih ini begitu mengagumkan dan menarik minat wisatawan untuk langsung berendam dan menikmati pesona yang ditawarkan air terjun ini. Menurut penelitian, warna biru toska ini berasal dari pantulan sinar matahari yang mengenai pecahan batuan dari Pegunungan Menoreh.

Tidak hanya keindahannya yang bisa dinikmati, wisatawan juga bisa menikmati berbagai aktivitas wisata yang dilakukan di objek wisata yang berada di area perbukitan satu ini. Berbagai kegiatan mulai dari menaiki papan seluncur kayu, bermain di pancuran bamboo, dan masih banyak lagi. Suasana yang sangat sejuk dan masih sangat asri akan memberikan ketenangan bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Air Kedung Pedut ini berasal dari mata air Mudal yang mengalir juga hingga ke air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Kembang Soka. Secara keseluruhan, terdapat 5 (lima) mata air yang berada di Air Terjun ini, yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, dan Kedung Merang. Kelima mata air ini memiliki kedalaman yang berbeda yaitu 2-5 meter.

Macam-macam fasilitas yang tersedia

Wisatawan yang berkunjung ke Kedung Pedut ini dapat menikmati berbagai fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola. Adapun berbagai fasilitas tersebut, seperti jembatan dai bamboo, toilet, mushola, kamar mandi, gazebo, sarana flying fox, dan warung makan di area air terjun ini.

Rute dari kota Jogja

Air Terjun Kedung Pedut berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674. Perjalanan yang dilalui untuk mencapai tempat ini cukuplah mudah.

Apabila kamu memulai keberangkatan dari Homestay Kota Jogja, kamu bisa mengambil kearah barat yaitu Jl. Godean, kemudian jalan terus hingga ke Jl. Nanggulan. Dari Jl. Nanggulan ini kamu akan melewati perbukitan hingga sampai ke Goa Kiskendo. Lokasi air terjun ini berlokasi di patokan pertama kemudian belok ke arah kiri sejauh 5 (lima) kilometer dan kamu akan menemukan petunjuk arah ke Kedung Pedut.

Untuk mencapai ke Kedung Pedut ini, kamu akan melalui perjalanan yang cukup mengasyikkan lho guys. Hal ini dikarenakan, perjalanan yang dilalui adalah pemandangan sawah hijau yang terhampar luas nan indah memukau dengan terasering dan deretan tebing-tebing yang memukau.

Jam Buka Air Terjun Kedung Pedut

Wisatawan yang menikmati keindahan Air Terjun Kedung Pedut dan ingi melakukan berbagai aktivitas wisatanya yang mengasyikkan dapat datang setiap hari.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut

Harga tiket masuk menuju Kedung Pedut cukup terjangkau karena wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 3.000,-. Untuk biaya parkirnya pun cukup terjangkau, yaitu Rp 2.000,- untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000,- kendaraan mobil.

Jadi tunggu apalagi guys? Yuk liburan ke Jogja dan berkunjung ke Kedung Pedut yang memiliki pesona alamnya yang indah dan memukau.

Bagi kalian yang liburan ke Jogja bersama keluarga besar maupun sahabat dan belum tau mau tinggal dimana? Nginap di Jogja memberikan beberapa pilihan homestay yang cocok buat anda.

Semua Homestay yang ada di Nginap di Jogja berada dalam pengelolaan The Grand Java Management. Dimana akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda yang sedang berwisata di Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here