3 Monumen Bersejarah di Yogyakarta

0
1181

Halo guys, kembali lagi nih bersama Nginapdijogja..

Yogyakarta sebagai salah satu provinsi istimewa di Indonesia memiliki aneka kuliner, budaya, dan wisatanya yang sangat beragam ya guys. Yogyakarta ini juga memiliki sejarah yang panjang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Apakah kalian tahu guys bahwa Yogyakarta ini ternyata pernah menjadi Ibu Kota Indonesia pada tahun 1946 s/d 1949 loh guys. Adapun beberapa monumen yang sebelumnya menjadi bukti sejarah perjuangan Indonesia di Yogyakarta ini. Yuk kita lihat bersama 3 monumen perjuangan yang ada di provinsi yang istimewa ini..

1. Tugu Yogya

Para traveler yang sudah pernah berlibur atau berkunjung ke Yogyakarta pasti sudah pernah berfoto atau setidaknya melihat monumen yang sangat terkenal ini ya. Apalagi monumen ini terletak di pusat Kota Yogyakarta yaitu Tugu Yogyakarta. Tugu Yogyakarta ini merupakan objek wisata yang menarik wisatawan untuk selalu dikunjungi dan ternyata memiliki sejarah yang panjang loh. Tugu Yogyakarta ini merupakan monumen pemersatu Bangsa Indonesia yang mana memiliki nilai simbolis dan sudah menjadi icon dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Tugu Yogyakarta ini menghubungkan Laut Selatan, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi yang dimana ketiga tempat tersebut memiliki nilai magis tersendiri bagi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tugu Yogyakarta sendiri ini pun dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Tugu Yogyakarta ini sebagai bentuk semangat persatuan rakyat dan penguasa dalam melawan penjajahan.

2. Monumen Jogja Kembali

Selain Tugu Yogyakarta, terdapat Monumen Jogja Kembali juga yang merupakan salah satu objek wisata yang terkenal terutama ketika menjelang malam hari karena menjadi Taman Pelanginya Yogyakarta loh guys. Monumen Jogja Kembali ini merupakan salah satu monumen perjuangan dengan bangunannya yang unik yaitu berbentuk kubah kerucut raksaksa. Monumen ini sebagai bukti bahwa TNI berhasil merebut kembali kekuasaan Yogyakarta yang telah dijajah oleh Belanda. Monumen Jogja Kembali ini pun dibangun pada 29 Juni 1985 dengan peletakkan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII.

3. Monumen Serangan Umum 1 Maret

monumen serangan umum 1 maret

Dan untuk yang terakhir adalah Monumen Serangan Umum 1 Maret. Apabila kamu pernah ke Malioboro Yogyakarta pasti tidak akan kesulitan untuk mengenali Monumen yang satu ini ya guys karena letaknya yang berada pada titik 0 KM diseberang Kantor Pos Besar Yogyakarta. Monumen ini dibangun untuk memperingati pejuang gerilya TNI yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto dalam menguasai Yogyakarta selama 6 (enam) jam saat melawan Belanda atau lebih dikenal dengan serangan umum yang terjadi pada 1 Maret 1949. Monumen ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1973.

Dari ketiga monumen diatas, dapat dilihat bahwa monumen-monumen tersebut menggambarkan sejarah Yogyakarta yang bernilai simbolis dan butuh perjuangan untuk memerdekaan Indonesia ini ya guys. Hal ini tentunya mengingatkan kita atas jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Indonesia dan hal ini pun menjadi kekuatan bagi kita semua sebagai warga Negara Indonesia yang baik untuk selalu berjuang memajukan Bangsa kita yang tercinta ini ya guys. ๐Ÿ˜Š

Photo By : Ksmtour.com, Indonesiaexpat.biz , dan himse.worpress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here